Rabu , 12 Desember 2018
Home / News / Ini Dia 3 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Anak yang Hiperaktif

Ini Dia 3 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Anak yang Hiperaktif

Orang tua mana sih di dunia ini yang tidak sayang pada anaknya? Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa setiap orang tua diseluruh dunia pasti sangat menyayangi sang buah hatinya. Akan tetapi, lain lagi ceritanya jika kita sebagai orang tua harus menghadapi anak yang hiperaktif. Sebab, seorang anak yang hiperaktif itu memiliki tingkah laku yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Menurut para psikolog anak, seorang anak hiperaktif selalu melakukan aktifitas yang tidak menentu serta dibarengi dengan kelincahan yang tidak ada batasnya. Dalam hal tersebut, tak sedikit para orang tua yang kewalahan dalam menghadapi seorang anak hiperaktif. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi anak hiperaktif? Dilansir dari berita terbaru seputar anak, setidaknya ada 3 tips ampuh untuk mengatasi anak yang hiperaktif. Nah, simaklah ulasannya dibawah ini.

  1. Terapkan Sikap Konsisten Pada Ucapan

Secara umum, anak berusia 18 bulan – 3 tahun selalu lebih aktif karena ia merasakan gusar, seperti rasa frustasi dan marah dari dalam jiwa sang anak. Ya, hal itu dikarenakan si kecil yang merasa kecewa dan merasa dibohongi, dengan janji yang diberikan orang tua kepadanya. Dalam hal ini, disarankan bagi anda sebagai orang tua untuk tidak memberikan janji-janji palsu pada si kecil.

  1. Cari Tahu Penyebab si kecil Menjadi Lebih Aktif

Menurut para psikolog anak, cara mencari tahu penyebab dari aktifnya sifat si kecil merupakan salah satu solusi yang sangat efektif untuk mengatasinya. Jika sudah mengetahui penyebabnya, anda pun dapat menangani si kecil yang hiperaktif dengan tepat.

  1. Jika Membuat Larangan, Anda Harus Memberikan Penjelasan

Perlu anda ketahui, bahwa semakin kita melarangnya, justru hal ini akan membuat si kecil semakin penasaran dan selalu ingin mencari tahu. Bahkan, tidak menutup kemungkinan juga bahwa si kecil akan lebih nekat lagi. Sebagai solusinya, anda harus memberikan penjelasan tentang pelarangan tersebut, dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti olehnya. Jika sudah mendengarkan penjelasannya, maka si kecil pun akan mengerti bahwa hal yang dilarang oleh anda itu memang tidak boleh dilakukannya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 3 tips untuk mengatasi anak yang hiperaktif. Dengan keterbatasan waktu yang ada, maka kita akhiri dulu perjumpaannya sampai disini saja. Akhir kata cukup sekian, semoga ulasan diatas bermanfaat.

 

Check Also

Cek Pajak Kendaraan, Kini Bisa Melalui Aplikasi Android

Saat ini, smartphone adalah barang yang paling sering ada di genggaman anda. Keunggulan smartphone yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *