Jumat , 16 November 2018
Home / World / Sports / Kenali Gejalan Rem Yang Bermasalah Pada Mobil Anda

Kenali Gejalan Rem Yang Bermasalah Pada Mobil Anda

Rem memang menjadi salah satu komponen yang paling penting sekali bagi setiap mobil, dan juga menjadi komponen yang bisa menjaga keselamatan bagi pengendara dan juga penumpang yang ada didalamnya. Dengan adanya rem maka pengemudi bisa mengontrol laju kendaraan. Karena fungsi dari rem ini yang sangat penting sekali, sehingga para pemilik kendaraan pun harus benar-benar menjaga dan merawat rem, dan juga mengetahui berbagai macam tanda-tanda yang bisa saja terjadi pada kerusakan rem. Biasanya tanda-tanda atau gejala rem yang rusak adalah seperti adanya suara, getaran, atau bau yang ditimbulkan. Berikut ini anda bisa menyimak beberapa ulasan mengenai tanda-tanda atau gejala pada kerusakan rem mobil, diantaranya yaitu :

  • Indikator instrumen

Setiap kendaraan memang sebagian besar sudah di lengkapi dengan yang namanya indikator rem. Dimana indokator pada rem tersebut berfungsi untuk memberikan tanda pada pengemudi, jika sistem pengereman mengalami masalah ataupun tidak. Jika indikator posisinya tidak menyala, maka kondisi rem normal. Namun jika sebaliknya, yaitu indikator pada rem menyala, maka ada bagian yang bermasalah.

  • Suara bising

Gejala selanjutnya rem yang bermasalah adalah timbul suara yang bisisng. Biasanya suara bising tersebut akan muncul ketika kendaraan akan di rem. Dimana suara tersebut berasal dari indkator bantalan rem atau brake pad. Jika bantalan rem tersebut bermasalah memang akan menimbulkan suara bising, dan solusinya anda bisa langsung mengganti bantalan rem tersebut dengan yang baru.

  • Adanya getaran

Adanya getaran juga menjadi salah satu tanda kalau sistem pengereman sedang bermasalah. Hal tersebut dikarenakan permukaan rotor yang kondisinya tidak rata. Selain itu, getaran tersebut bisa juga dihasilkanoleh daya cengkeram piston yang terdpaat didalam kaliper. Pastikan baut pada roda terpasang dengan benar agar suaranya tidak timbul lagi

  • Kurang minyak rem

Sistem pengereman juga bisa bermasalah jika kekurangan yang namanya minyak rem. Karena fungsi dari minyak rem ini sendiri adalah melindungi komponen logam yang bergesekan saat laju kendaraan terhenti. Sehingga ketika kekurangan minyak rem, maka akan membuat daya saat pengereman pun menjadi berkurang.

  • Aroma bau tajam

Gejala lainnya yang biasa terjadi saat sistem pengereman bermasalah adalah aroma tidak sedap yang di timbulkan. Terjadinya pengeraman yang berulang akan membuat temperatur pada rem menjadi semakin meningkat, dan menimbulkan panas yang berlebihan. Sehingga kondisi tersebut akan menimbulkan bau aroma yang tidak sedang pada rem.

Untuk itu, sangat penting sekali bagi anda dalam menjaga dan merawat kondisi dari sistem pengereman mobil anda. Supaya perjalanan pun menjadi lebih nyaman dan juga aman dengan sisten pengereman yang stabil. Info mengenai dunia otomotif lainnya langsung saja anda simak hanya di mobibaru.com

Check Also

Andalan Terbaru Motor Yamaha

Motor Free Go dari brand Yamaha mulai menyita perhatian masyarkat sekarang ini. Dengan berbagai kelebihan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *