Rabu , 12 Desember 2018
Home / News / Tuntut Hak, Serikat Buruh di Tasik Gelar Aksi Mogok

Tuntut Hak, Serikat Buruh di Tasik Gelar Aksi Mogok

TasikGate.com – Sejumlah pekerja PT Raya Sugatindo Inti di jalan Cikadongdong, Kecamatan Singaparna yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) melakukan aksi mogok kerja Senin (24/8/2015). Aksi mogok dilakukan sebagai bentuk protes karena hak sebagai karyawan tidak diberikan sesuai aturan.

Dalam aksinya, pekerja menempel beberapa poster di pintu gerbang perusahaan bernada sindiran. Korlap aksi menuding perusahaan tidak mengindahkan peraturan pemerintah terkait upah, jam kerja, cuti lembur dan tunjangan masa kerja.

“Saya sudah puluhan tahun bekerja di sini, tapi tidak ada UMK, kita upah hanya Rp. 700.000 per bulan, kan harusnya UKM Rp. 1.400.0000,” papar Korlap Aksi, Endang Weskurni kepada wartawan, Senin (24/8/2015).

Selain itu, Endang menyebut selama bekerja tidak adanya tunjangan, upah lembur maupun THR. “Bahkan, untuk para pekerja yang sudah bekerja puluhan tahun tidak ada THR, upah lembur dan I’d Card,” sebut Endang.

Sementara itu, Direksi PT Raya Sugarindo Inti mengatakan, upah UMK, THR dan tunjangan masa kerja tidak menjadi hak para pekerja yang mogok saat ini. Hal ini lantaran para pekerja bukan karyawan tetap.

“Mereka itu karyawan borongan, jadi dibayar sesuai pekerjaan jadi tidak menerima UMK dan tunjangan lain seperti halnya karyawan tetap,”papar Manajer Keuangan PT Raya Sugarindo Inti, Taufik Lugina kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (24/8).

Direksi pun sempat menawarkan kepada para karyawan borongan menjadi karyawan tetap pada tahun 2012 lalu namun mereka menolak. (*)

Check Also

Ini Dia 3 Tips Ampuh Untuk Mengatasi Anak yang Hiperaktif

Orang tua mana sih di dunia ini yang tidak sayang pada anaknya? Ya, seperti yang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *