Senin , 22 Januari 2018
Home / Wisata / Wisata Budaya / Wisata Adat / Kenyamanan Di Pedesaan Kampung Naga Tasikmalaya

Kenyamanan Di Pedesaan Kampung Naga Tasikmalaya

TasikGate.com – Jika anda bosan dengan hiruk pikuk dari keramaian kota maka sempatkan diri untuk datang berkunjung ke Kampung Naga yang berlokasi di Desa Neglasar, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Di Kampung ini maka anda bisa melihat dan mengenal sekelompok masyarakat yang memegang adat leluhur mereka dengan sangat kuat yaitu adat Sunda.

Jika anda mengetahui tentang pemukiman Badui maka Kampung Naga pun menjadi tempat kajian antropologi di mana kita bisa mempelajari bagaimana masyarakat pedesaan Sunda mengalami peralihan dari pengaruh Hindhu menuju Islam di Provinsi Jawa Barat.

Kampung Naga Tasikmalaya hanya dihuni oleh 311 orang dan di desa ini sama sekali belum tersentuh oleh pengaruh modern seperti di kota-kota. Desa ini menyimpan keindahan alam yang sangat asri dengan hijaunya pohon, angin segar dan sejuk, dan lembah yang subur.

Di bagian barat kampung ini terdapat hutan keramat yang menjadi tempat makam para leluhur penduduk Kampung Naga. Selain itu, terdapat jalan raya Garut-Tasikmalaya di dekat lokasi kampung ini.

Bersantai sejenak sambil menikmati indahnya sungai Ciwulang serta pepohonan hijau yang menyejukkan merupakan pilihan tepat untuk rileks sejenak. Sayangnya, di kampung ini dilarang mendengarkan musik keras-keras dari music player atau menggunakan peralatan elektronik anda namun sebagai gantinya anda bisa mendengarkan kicauan burung yang merdu.

kampungnaga2Jika anda ingin tinggal lebih lama di kampung ini maka penduduk setempat akan senang hati menyambut anda. Namun, terlebih dahulu anda harus meminta ijin kepada pejabat setempat beberapa hari sebelumnya. Di sini rumah-rumah penduduk terbuat dari kayu dan bambu dengan atap dari daun daun Kelapa atau Nipah.

Sebelum pulang dari tempat wisata Kampung Naga maka berhentilah sejenak di toko-toko cinderamata yang berada tidak jauh dari kampung ini. Di sana anda bisa membeli dan membawa oleh-oleh berupa kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh penduduk setempat seperti tas dan sandal. Untuk anak-anak anda bisa membeli mainan kayu seperti mobil-mobilan, kapal terbang, dan sepeda motor. Semua cinderamata buatan penduduk Kampung Naga tersebut ditawarkan dengan harga yang terjangkau. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *